Monday, December 4, 2017

Tunjangan Polisi Terbaru

loading...


Banyak masyarakat memandang jika penghasilan serta tunjangan polisi memiliki nilai yang besar, hingga membuat sebagian dari mereka tergiur untuk mendaftarkan diri menjadi pegawai pertahanan negara ini. Seakan mereka mengesampingkan resiko dan tanggungj jawab tinggi yang harus diembannya nanti.

Gaji yang diterima oleh anggota sendiri pada tiap bulannya terdiri dari dua sumber yang berbeda, yakni penghasilan teratur serta penghasilan tidak teratur. Penghasilan teratur adalah penghasilan yang didapat dari gaji pokok, sedangkan penhasilan tidak teratur adalah penghasilan yang diperoleh dari selain gaji pokok, dimana besarannya tergantung dengan fungsi serta satuan kerja polisi yang bersangkutan.

Selain mendapatkan gaji pokok, para anggota polisi juga berhak menerima beberapa tunjangan lain, diantaranya adalah tunjangan anak sebesar 2% dihitung dari gaji pokok yang diterimakan dan 10% tunjangan suami/istri. Adapun tunjangan lain yang diberikan diantaranya adalah tunjangan medis, sandi, babinkamtibmas, serta sebesar 50.000 untuk tunjangan polwan. Selain itu ada juga tunjangan berdasarkan daerah penugasan, seperti tunjangan papua untuk polisi yang bertugas di wilayah papu, dan tunjangan perbatasan untuk para anggota yang berada di daerah perbatasan, besaran untuk tunjangan perbatasan ini sendiri akan berbeda, tergantung dengan indeks daerah perbatasan tersebut.

Sama halnya dengan Pegawai Negeri Sipil lain, polisi juga mendapatkan tunjangan beras. Tunjangan besar sedikit berbeda dengan yang diterimakan kepada PNS, untuk polisi tunjangan beras yang didapat adalah sebesar 18kg per anggota. Dan yang terakhir adalah tunjangan umum untuk para pegawai pertahanan (polisi) yang tidak menjabat sebagai pegawai struktural.

Pemberian gaji untuk polisi dihitung dari jumlah totalnya memang sedikit lebih besar jika dibandingkan gaji PNS. Gaji untuk para anggota kepolisian telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 24 Th 2013 tentang Peraturan Gaji anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

ULP (Uang Lauk Pauk) & Tunjangan Fungsional

Uang lauk pauk dan tunjangan fungsional sebenarnya juga termasuk dalam Penghasilan teratur para anggot polisi. Untuk uang lauk pauk sendiri akan diberikan sebesar 45.rupiah per anggota dan dikalikan selama 30 hari. Sedangkan tunjangan fungsional adalah tunjangan yang khusus diberikan untuk anggota polisi yang menduduki salah satu jabatan struktural.
Untuk gambaran lebih jelas, anda bisa melihat tabel pada gambar berikut ini.

[TABEL 1]


[TABEL 2]

[TABEL 3]
Demikian Sedikit tentang penjelasan Tunjangan Polisi yang perlu kita ketahui.
loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: